10 Wisata Garut Bernuansa Alam Terbaik

  • 8 min read
  • Jan 27, 2021
Wisata Alam Garut - Leuwi Jurig (wisato)


Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang memiliki banyak daerah tujuan wisata menarik, salah satunya di wilayah kabupaten Garut. Sebagian besar wilayah Garut dikelilingi oleh pegunungan, kecuali Garut bagian selatan banyak wisata alam Garut berupa pantai yang dapat kamu temukan.

Wilayah Garut secara garis besar dikelilingi oleh lima pegunungan. Oleh sebab itu, kalau ke Garut akan terasa kurang lengkap kalau kamu tidak naik gunung. Selain gunung, ada beberapa icon wisata alam Garut lainnya yang tak kalah populer dan wajib kamu masukkan dalam list kunjungan wisata kamu di Garut.

Kalau sudah puas jalan –jalan dan berkunjung ke berbagai tempat wisata alam Garut, jangan lupa mencicipi aneka kuliner lezat khas Garut. Informasi selengkapnya tentang ikon wisata alam Garut beserta rekomendasi kulinernya dapat kamu simak dalam ulasan berikut ini!

Rekomendasi Wisata Alam Garut Terpopuler

1. Gunung Papandayan

Wisata Alam Garut - Gunung Papandayan (besttravelin)
Gunung Papandayan (besttravelin)

Alamat : Desa Sirnajaya dan Desa Kramatwangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 30 ribu rupiah per orang, belum termasuk tiket parkir

Bagi kamu yang suka pendakian dan senang menyaksikan sunrise dari atas ketinggian, berkunjung ke Gunung Papandayan akan menjadi perjalanan wisata menyenangkan. Gunung Papandayan merupakan salah satu wisata gunung di Garut dengan ketinggian mencapai 2.665 mdpl dan terletak di antara dua desa yaitu desa Sirnajaya dan Kramatwangi, Kecamatan Cisurupan, Garut, Jawa Barat.

Wisata alam Garut ini merupakan salah satu wisata gunung vulkanik terbaik di Indonesia yang memiliki beragam daya tarik. Beberapa daya tarik wisata Gunung Papandayan di antaranya :

I. Kawah Belerang

Wisata Alam Garut - kawah belerang Papandayan (Hipwee)
Kawah Belerang Papandayan (hipwee)

Sebagai gunung vulkanik, hal pertama yang tentunya menarik perhatian kamu ketika ke kawasan ini adalah kawah belerangnya. Di area ini pengunjung dapat menyaksikan kepulan asap putih belerang yang mengepul di udara. Area ini di batasi dengan pagar, akan tetapi pengunjung tetap dapat berfoto dengan latar belakang kawah yang mengandung belerang tersebut.

II. Area Hutan Mati

Wisata Alam Garut - hutan mati Gunung Papandayan (Kompasiana.com)
Hutan Mati Gunung Papandayan (kompasiana)

Hutan mati juga menjadi salah satu ciri khas keindahan dari wisata alam Garut Gunung Papandayan ini. Area hutan mati merupakan area yang menggambarkan suasana hutan dengan pepohonan gundul tanpa dedaunan.

Kamu akan merasakan sensasi yang berbeda di sini. Suasana yang mencekam namun tetap memancarkan keunikan. Pohon – pohon yang berdiri di hutan ini adalah pohon dengan jenis cantigi. Di sini tempat yang juga seringkali dijadikan objek foto bagi para pendaki Gunung Papandayan.

III. Padang Edelweiss

Wisata Alam Garut - padang edelweiss (LimaKaki)
Padang Edelweiss (limakaki)

Selain punya hutan mati, padang edelweiss juga menjadi spot yang bisa kamu datangi di wisata alam Garut ini. Di objek wisata Gunung Papandayan, padang edelweiss bisa kamu saksikan di antara Pondok Saladah dan Hutan Mati. Jadi, jangan lupa berfoto di spot ini ya!

IV. Area Perkemahan Pondok Saladah

Wisata Alam Garut - Pondok Saladah (kurio)
Pondok Saladah (kurio)

Kalau kamu ingin melakukan camping di Gunung Papandayan, di area perkemahan ini kamu bisa mendirikan tenda. Selain itu, kamu pun dapat menikmati pesona bintang bertaburan di angkasa yang terlihat sangat jelas dari Pondok Saladah.

Suasananya semakin indah ketika sunrise tiba. Area ini akan dipenuhi dengan semburat warna orange di langit ketika matahari akan muncul. Pada momen – momen seperti inilah kamu dapat membidik foto sebagus mungkin di spot yang satu ini.

Kalau kamu berasal dari luar kota dan berniat untuk liburan ke Garut, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata ini dengan naik pesawat. Sekarang kamu bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang jauh lebih murah jika tahu tips dan triknya. Seperti apa tips dan trik untuk dapatkan harga tiket pesawat murah? Baca : 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah

V. Kolam Air Panas Gunung Papandayan

Wisata Alam Garut - Kolam air panas Gunung Papandayan (Travel Kompas)
Kolam Air Panas Gunung Papandayan (travelkompas)

Kalau sedang wisata di Gunung Papandayan, kamu bisa menikmati sensasi rileks dengan berendam di kolam air panas. Kolam air panas ini terdapat di area parkir kendaraan. Jadi buat kamu yang baru turun dari pendakian dan ingin mandi air hangat, bisa langsung ke area ini untuk berendam.

2. Gunung Cikuray

Wisata Alam Garut - Gunung Cikuray (Lima Kaki)
Gunung Cikuray (limakaki)

Alamat : Dangiang, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Maps : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 25 ribu rupiah per orang

Selain Gunung Papandayan, wisata alam Garut lainnya berupa gunung yang juga sering menjadi tujuan wisata para pendaki adalah Gunung Cikuray.

Kalau dibandingkan dengan Gunung Papandayan, wisata Gunung Cikuray ini memiliki jalur pendakian yang lebih menanjak dengan medan yang lebih menantang. Hal ini juga karena ketinggian Gunung Cikuray lebih tinggi jika dibandingkan dengan Gunung Papandayan. Ketinggian Gunung Cikuray mencapai 2.821 mdpl.

Buat kamu yang sebelumnya sudah pernah mendaki di Gunung Papandayan dan sekarang sedang mencari trek pendakian yang jauh lebih menantang, maka mendaki ke Gunung Cikuray sangat dianjurkan. Pesona sunrise dan sunset yang sangat elegan pun dapat kamu saksikan melalui wisata alam Garut yang satu ini.

Selain beberapa wisata gunung di Garut tersebut, Indonesia juga punya banyak wisata gunung lain yang kamu harus saksikan keindahannya. Pecinta sunrise atau sunset pastinya akan terpanah dengan pesona keindahan yang ditawarkan. Apa sajakah gunung terindah di Indonesia tersebut? Baca : 10 Gunung Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

3. Bukit Pilar Angin

Wisata Alam Garut - Bukit Pilar Angin (kompasiana.com)
Bukit Pilar Angin (kompasiana)

Alamat : Cikelet, Garut, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Kalau kamu ingin pergi berkunjung ke sebuah tempat wisata alam Garut yang mampu menghasilkan foto instagenic, kamu wajib datang ke Bukit Pilar Angin. Di sini, hasil foto kamu akan sangat instagramable dengan latar belakang pegunungan dan rerumputan berwarna kuning yang sangat keren.

Jika biasanya kamu menemukan bukit dengan rerumputan hijau, di sini bukitnya dihiasi dengan rerumputan berwarna kuning yang menjadikan suasana seolah berada di Afrika atau di pulau – pulau yang ada di Lombok.

Jadi buat kamu yang berdomisili di Garut, nggak perlu jauh – jauh ke Lombok atau ke Afrika untuk berfoto dengan padang savanna berumput kuning karena kamu bisa menikmati suasana yang seperti itu di Bukit Pilar Angin. Bukit ini sangat mudah diakses. Kamu bisa menyewa motor untuk liburan ke wisata alam Garut ini.

4. Kawah Talaga Bodas

Wisata Alam Garut - Kawah Putih Talaga Bodas - Garut (pergidulu)
Kawah Putih Talaga Bodas – Garut (pergidulu)

Alamat : Wanajaya, Jl. Talaga Bodas No.5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Maps : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah per orang

Masih membahas tentang wisata alam Garut yang indah namun tidak butuh terlalu banyak tenaga untuk mengunjunginya, wisata yang kami maksud adalah Telaga Bodas. Tempat wisata alam Garut yang satu ini hadir dengan keindahan alam yang memukau. Suasana yang teduh dan sejuk ala nuansa pegunungan akan kamu temukan.

Selain suasana yang sejuk dan teduh, telaga berwarna biru kehijauan yang indah akan membuat kamu betah berlama – lama wisata di Kawah Talaga Bodas ini. Kamu bisa duduk – duduk santai sambil bercengkrama di pinggir telaga. Selain itu, kamu pun dapat trekking di beberapa titik yang sudah ditetapkan.

5. Leuwi Jurig

Wisata Alam Garut - Leuwi Jurig (wisato)
Leuwi Jurig (wisato)

Alamat : Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah per orang

Jika baru pertama kali mendengar namanya, kamu akan merasa merinding dibuatnya. Ya, objek wisata alam Garut ini memang bernama Leuwi Jurig. Leuwi artinya kolam, sementara jurig artinya setan. Jadi, Leuwi Jurig artinya Kolam Setan.

Namanya memang sangat menakutkan ya? Eits, tapi jangan salah paham dulu sobat! Tempat wisata Leuwi Jurig ini nggak seseram namanya kok! Tidak ada nuansa uji nyali atau suasana seram sama sekali dari wisata alam Garut Leuwi Jurig. Justru, keindahan alamnya yang akan kamu rasakan sejak pertama kali menginjakkan kaki untuk mengeksplorasi tempat wisata alam Garut yang satu ini.

Leuwi Jurig dikelilingi tebing batu yang indah. Airnya jernih berwarna kehijauan yang dapat membuat siapa pun yang menyaksikannya tergoda untuk berenang. Kalau kamu bisa berenang, wajib banget berenang di leuwi yang ketinggian airnya mencapai 10 meter ini. Namun kalau kamu tidak jago berenang, lebih baik kamu berfoto atau bersantai saja di tepian Leuwi karena hal tersebut jauh lebih aman.

Jika kamu tertarik ke Leuwi Jurig dan berasal dari Jakarta, kamu bisa menuju Bandung via tol Cileunyi kemudian ke kota Garut. Dari sana, butuh waktu sekitar 2 sampai dengan 3 jam perjalanan ke arah Bungbulang. Perjalanan yang kamu tempuh memang agak panjang, akan tetapi hal tersebut sepadan dengan keindahan panorama alam yang dihadirkan oleh wisata alam Garut ini.

6. Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong (travel.tempo.co)
Leuwi Tonjong (travel.tempo)

Alamat : Jayamukti, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.30 – 17.30 WIB
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah per orang

Selain Leuwi Jurig, Garut juga punya wisata alam lainnya yang bernama Leuwi Tonjong. Mirip dengan Leuwi Jurig yang menampilkan indah dan gagahnya tebing batu, Leuwi Tonjong pun demikian. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang tebing batu yang indah.

Namun di Leuwi Tonjong ini tidak hanya keindahan leuwi saja yang kamu bisa temukan, kamu juga akan menemukan sebuah air terjun kecil yang tak kalah indah. Selain bisa bermain air di kolam airnya, kamu pun bisa bermain air serta merasakan sejuknya air di air terjun ini.

7. Curug Batu Nyusun

Curug Batu Nyusun (lupalibur)
Curug Batu Nyusun (lupalibur)

Alamat : Pangrumasan, Peundeuy, Pangrumasan, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah

Jika air terjun kecil di Leuwi Tonjong kurang memuaskan buat kamu pecinta wisata alam air terjun, maka berkunjung ke Curug Batu Nyusun sangat dianjurkan. Di salah satu wisata alam Garut berupa air terjun ini, kamu akan menyaksikan pesona air terjun yang memukau.

Curug Batu Nyusun juga dikenal dengan nama Curug Cisarua. Curug ini memiliki tebing dengan ketinggian sekitar 12 meter yang berbentuk susunan bebatuan dengan aliran air sangat deras. Kamu bisa bermain – main air dan pastikan jangan lupa membawa baju ganti jika ke curug ini agar kamu tidak pulang dengan keadaan basah karena terkena semburan air dari tebingnya.

8. Pantai Santolo

Pantai Santolo (wordnik)
Pantai Santolo (wordnik)

Alamat : Desa Pamalayan, Cikelet, Pamalayan, Garut, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah per orang

Pantai Santolo merupakan sebuah wisata pantai di Garut yang lokasinya berada di Garut selatan. Lokasi wisata alam Garut ini masuk ke garis pantai selatan dan hal tersebut menjadi salah satu penyebab mengapa ombak di Pantai Santolo ganas dan besar.

Oleh sebab itu, untuk kamu yang berwisata di Pantai Santolo harus berhati – hati ketika berenang atau bermain ombak. Selain sering dikunjungi wisatawan yang berlibur, pantai ini juga merupakan pantai yang menjadi tempat bersandarnya perahu dan kapal nelayan.

Kalau kamu berwisata di pantai ini, ketika menjelang malam akan kamu temukan banyak kapal yang hendak pergi berlayar untuk mencari ikan dan akan dijual esok harinya. Untuk kamu yang camping di Pantai Santolo, kamu bisa sarapan dengan membeli ikan bakar hasil tangkapan para nelayan. Harganya akan lebih murah dibandingkan kamu membeli ikan di pasar atau di warung makan sekitar.

Di wisata alam Garut ini, kamu juga dapat menikmati sensasi keliling laut dengan naik banana boat atau perahu nelayan. Untuk penyewaan perahu nelayannya, kamu perlu membayar biaya sekitar 15 ribu rupiah sekali jalan. Perahu ini dapat memuat lebih dari 5 orang dalam sekali jalan. Sementara kalau kamu ingin keliling laut naik banana boat, kamu perlu membayar biaya sewa sebesar 30 ribu rupiah sekali putaran.

9. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya (pantainesia)
Pantai Rancabuaya (pantainesia)

Alamat : Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 5 ribu rupiah per orang untuk weekday, 10 ribu rupiah per orang untuk weekend

Sama halnya dengan Pantai Santolo yang punya ombak besar dan ganas, Pantai Rancabuaya juga demikian. Oleh karena itu, jika kamu berkunjung ke Pantai Rancabuaya dan tidak bisa berenang sebaiknya kamu hanya bermain – main di pinggiran pantai saja.

Pantai Rancabuaya punya beberapa hal menarik yang bisa kamu saksikan. Salah satunya adalah keindahan air terjun yang menghadap ke pantai. Suasana ini akan mengingatkan kamu tentang salah satu wisata pantai di Jawa Tengah yaitu Pantai Parangtritis.

Buat kamu yang belum pernah ke Pantai Parangtritis dan ingin tahu seperti apa suasananya, baca : Wisata Jogja – Pantai Parangtritis

10. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang
Pantai Sayang Heulang (topijelajah)

Alamat : Cijambe, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah

Kalau kamu pulang dari Pantai Santolo dan tidak kesorean, kamu bisa mampir dulu di Pantai Sayang Heulang. Rutenya ke pantai ini searah dengan rute Pantai Santolo. Pantai Sayang Heulang juga termasuk salah satu wisata alam Garut berupa pantai yang memiliki ombak ganas.

Di pantai ini, kamu bisa berkemah, bermain voli, jalan – jalan di sekitar pantai, atau pun surfing. Ombaknya yang besar akan cocok untuk kamu yang suka surfing. Hanya saja kamu perlu membawa alat surfing sendiri karena belum tersedia tempat penyewaan alat surfing di Pantai Sayang Heulang.

Selain beberapa aktivitas wisata tersebut, di Pantai Sayang Heulang ini kamu juga bisa melihat ikan – ikan hias yang sedang berenang di sela – sela batu karang yang menjorok ke laut. Jangan lupa abadikan momen seru kamu di pantai Sayang Heulang yang suasananya semakin ciamik ketika mentari hendak terbenam.

Selain daftar wisata di atas, Garut juga punya beberapa wisata menarik lainnya yang bisa kamu masukkan daftar kunjungan wisata kamu. Baca : 10 Tempat Wisata di Garut yang Paling Terkenal

Buat kamu yang sudah puas jalan – jalan di Garut, jangan lupa mencari wisata kuliner khas Garut yang kelezatannya tiada banding. Selain Garut, kota lain yang identik dengan sajian wisata kuliner terbaiknya adalah Jogja dan Bandung.

Pecinta kuliner wajib nih jalan – jalan ke kota – kota tersebut. Untuk informasi tentang wisata kuliner Jogja, baca : Tempat Wisata Kuliner di Jogja – 10 Kuliner yang Wajib Dikunjungi

Sementara informasi tentang wisata kuliner di Bandung, baca : Kuliner Bandung – 25 Tempat Makan yang Wajib Untuk Dicoba

Nah, buat kamu pecinta traveling, itulah beberapa kota terbaik yang wajib kamu sambangi termasuk Garut. Banyak wisata alam Garut yang menorehkan keindahan dan pengalaman berharga buat pecandu wisata. Jadi, jangan lupa mampir di Garut dan jelajahi berbagai wisata alam Garut kalau kamu sedang berada di Jawa Barat. Happy holiday!

Source : Beritabalap com